Breaking News

Sabtu, 22 Oktober 2016

SMA 1 KEDUNGWUNI KABUPATEN PEKALONGAN MENUJU SEKOLAH ADI WIYATA


Sejak tahun 2013 SMANDUNG memposisikan diri sebagai Sekolah Berbudaya Lingkungan Hidup (SBLH) dan pada akhir Februari 2014 ditunjuk sebagai Sekolah Adi Wiyata. Pada tahun 2015 sekolah ini menjadi sekolah nominasi di kabupaten Pekalongan untuk mengikuti seleksi Sekolah Adi Wiyata provinsi Jawa Tengah. Dan tahun 2016 ini diajukan sebagai salah satu sekolah adi wiyata, tim adi wiyata nasional pada minggu yang lalu (15 oktober 2016 ) melakukan visitasi. Sekolah Berbudaya Lingkungan Hidup (SBLH)-Sekolah Adi Wiyata SMA N 1 Kedungwuni ini dimaksudkan untuk menciptkan kondisi sekolah yang aman, nyaman dan menyenangkan serta menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran bagi warga sehingga di kemudian hari warga sekolah dapat ikut bertanggung jawab dalam upaya menyelamatkan lingkungan hidup dan pembangunan yang berkelanjutan.


Tujkuan program SBLH - ADI WIYATA :(1). Meningkatkan efisiensi dalam pelaksanaan operasional sekolah dalam penggunaan berbagai sumber daya, (2). Meningkatkan penghematan sumber daya melalui pengurangan konsumsi berbagai sumber daya dan energi. (3). Meningkatkan kualitas kondisi pembelajaran yang lebih nyaman dan kondusif bagi semua warga sekolah, (4). Dapat meningkatkan upaya menghindari berbagai resiko dampak lingkungan negatif di masa yang akan datang, (5). Menjadi tempat pembelajaran bagi generasi muda tentang nilai-nilai pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan benar, (6). Sebagai media pembelajaran ICT yang berbasis alam, (7). Media penelitian sederhana untuk pengembangan diri dalam kegiatan ekskul KIR, (8), sebagai sarana rekreasi ilmiah (9), Pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran dan lebih mendekatkan peserta didik kepada alam yang pada akhirnya dapat menjaga kelestarian alam dan pengelolaan lingkungan hidup.

PROGRAM SBLH - SEKOLAH ADI WIYATA DALAM 1 (SATU) TAHUN TERAKHIR

(1). Hutan Sekolah ( alasan pengembangan program: menumbuhkan kecintaan dan kebanggan terhadap lingkungan,menjaga keseimbanagn oksidgen dan karbondioksida, media penelitian sederhana program pengembangan diri bagi ekskul sekolah,sebagai bagian dari laboratorium alam), (2). Pengolahan sampah ? Program Bank Sampah (alasan pengembangan program : mengedukasi para siswa dan komunitas sekolah untuk melakukan pengelaolaan sampah dan melakukan program 3R (Reduce-reuse-replace) di lingkungan sekolah dalam rangka ikut berperan aktif guna menanggulangi permasalahan sampah di Kecamatan Kedungwuni pada khususnya dan Kabupaten Pekalongan pada umumnya), (3). Budidaya Tanaman Obat Keluarga/TOGA (alasan pengembangan program : mengedukasi dan mengembangkan ilmu pengetahuan kepada peserta didik tentang manfaat dan budidaya tanaman obat keluarga untuk kesehatan serta ikut serta melestarikan berbagai tanaman TOGA yang hampir punah di Kabupaten Pekalongan), Budidaya Tanaman Hias (alasan pengembangan program : mengedukasi para peserta didik untuk menjadi pelaku program ekonomi kreatif dengan membudidayakan berbagai tanaman hias

Mari kita bergandeng tangan dan merapatkan barisan untuk mensukseskan program sekolah berbudaya lingkungan hidup (SBLH) - Sekolah adi wiyata. Bersatu kita maju, bersama kita bisa...... Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan melestarikan lingkungan kita - Kalau tidak kita siapa lagi.....

IKLAN LAYANAN PENDIDIKAN INI DIPERSEMBAHKAN OLEH KOMUNITAS SOSIO SMART SMANDUNG YANG TURUT MENDUKUNG PROGRAM SBLH - ADI WISAYA DI SEKOLAH SMANDUNG TERCINTA....(Noerhidayah Suprihatini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog